Berikut Rute, Tarif & Jadwal Trans Metropolitan Bandung Raya Lengkap & Terbaru 2020!

Trans Metropolitan Bandung Raya merupakan salah satu transportasi di Kota Bandung yang di kelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam hal ini Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat. Kabarnya, Trans Metropolitan Bandung Raya menggunakan sistem BRT (Bus Rapid Transit) yang mulai dioperasikan pada tahun 2017, beberapa hari setelah dioperasikannya TMB Koridor 4. 

Sekilas mirip dengan Trans Metro Bandung, perbedaannya dengan Trans Metropolitan Bandung Raya adalah melayani lintas wilayah Kota Bandung, yang artinya Trans Metropolitan Bandung Raya beroperasi di dalam kota dan luar wilayahnya yang dikelola oleh pemerintah provinsi, sedangkan Trans Metro Bandung hanya beroperasi di dalam kota yang dikelola oleh pemerintah kota.

Saat ini, baru 1 trayek Trans Metropolitan Bandung Raya yang dioperasikan, trayek tersebut melayani masyarakat dengan rute Leuwipanjang - Majalaya.

Rute Bus Trans Metropolitan Bandung Raya

Trayek | Leuwipanjang - Majalaya

Terminal Leuwipanjang - Jl. Kopo - Jl. Peta - Jl. BKR - Jl. Moh. Toha - Jl. Raya Dayeuhkolot - Jl. Raya Bojongsoang - Jl. Cijagra - Jl. Siliwangi - Jl. Raya Laswi - Jl. Kondang - Jl. Stasion - Terminal Majalaya

Terminal Majalaya - Jl. Stasion - Jl. Tengah - Jl. Cikaro - Jl. Raya Laswi - Jl. Siliwangi - Jl. Cijagra - Jl. Raya Bojongsoang - Jl. Raya Dayeuhkolot - Jl. Moh. Toha - Jl. BKR - Jl. Peta - Jl. Kopo - Jl. Soekarno Hatta - Jl. Leuwipanjang - Terminal Leuwipanjang

Peta Rute Bus Trans Metropolitan Bandung Raya


Tarif Bus Trans Metropolitan Bandung Raya

Untuk tarifnya, seperti Trans Metro Bandung, Trans Metropolitan Bandung Raya menerapkan tarif flat, dalam artian mau jarak yang ditempuhnya jauh ataupun dekat, tarifnya sama. Tarif yang berlaku untuk semua kalangan, yakni Rp. 5000. Sejauh ini metode pembayaran hanya menggunakan metode pembayaran berbasis tunai, belum ada kabar bisa menggunakan metode pembayaran berbasis non-tunai.

Jadwal Bus Trans Metropolitan Bandung Raya

Untuk jadwalnya, Trans Metropolitan Bandung Raya mulai beroperasi sejak pukul 06.00-17.00 WIB.

Selain Trans Metropolitan Bandung Raya, ada juga transportasi umum lainnya di Kota Bandung, yaitu Trans Metro Bandung (TMB)Trans Bandung Raya (DAMRI) dan Angkutan Kota (Angkot) yang bisa dilihat dalam postingan terkait. 

Informasi resmi mengenai bus Trans Metropolitan Bandung Raya dapat ditemukan di instagram @dishubjabar

Mari kita menggunakan transportasi umum! sampai jumpa di postingan selanjutnya.

*bila ada hal-hal yang ingin ditanyakan bisa ditanyakan di kolom komentar, Terimakasih.

Update Terakhir: 28 Juni 2020

0 comments:

Posting Komentar